Selamat Datang di Website Resmi Pemerintahan Desa Warungbanten Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak Provinsi Banten Pemerintah Desa warungbanten

Artikel

Bahaya DBD Pemerintah Desa Warungbanten Mengajak Masyarakat untuk Menerapkan Pola Hidup Sehat

04 Januari 2024 11:11:46  Supriani  64 Kali Dibaca  Berita Lokal

        Mungkin kita sudah sering mendengar penyakit Demam Berdarah atau lebih dikenal dengan DBD, penyakit ini merupakan penyakit yang tidak boleh disepelekan mengingat dari tahun ke tahun penyakit tersebut selalu tinggi kasusnya. Menurut Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK) kasus DBD di Indonesia terus meningkat, pada tahun 2021 sebanyak 73.518 kasus dengan angka kematian 705 orang. Tahun 2022 sebanyak 131.265 kasus dengan angka kematian 1.183 orang. Pada periode Januari – Juli 2023, sebanyak 42.690 orang terinfeksi DBD dan 317 orang meninggal. Sementara itu, untuk kasus di Kabupaten Lebak sendiri menurut Banten News kasus demam berdarah perhari ini, mencapai kisaran 760 kasus DBD dan 4 orang meninggal.

        Melihat tingginya kasus di atas, terutama menjelang musim penghujan pemerintah Desa Warungbanten menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan menjaga kebersihan di lingkungan masing – masing. “Dengan adanya kasus Demam Berdarah (DBD), untuk itu Pemerintah Desa Warungbanten menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan, dan tetap terus waspada. Apabila terdapat masyarakat yang mengalami gejala – gejala seperti demam yang tinggi, nyeri kepala berat, bitnik – bitnik atau bercak merah pada kulit dua hingga lima hari pasca demam dan gejala lainnya maka segera lapor”. Tutur Kepala Desa Warungbanten. Selain itu, Langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan DBD ialah dengan melakukan Langkah-langkah berikut :

  1. Melakukan Gerakan 3 M yaitu Gerakan Menguras, menutup dan mengubur. Menguras tempat penampungan air secara teratur untuk memusnahkan jentik – jentik nyamuk. Menutup tempat penampungan air bersih karena nyamuk Aedes Aegypti suka bertelur di genangan air bersih. Mengubur barang bekas seperti kaleng, botol, dan wadah lainnya yang beresiko menjadi tempat pengembang biakan nyamuk Aedes Aegypti.
  2. Menggunakan Obat dan Lotion Anti nyamuk
  3. Menjaga kebersihan rumah secara telaten
  4. Membersihkan lingkungan tempat tinggal
  5. Rajin menjaga kebersihan diri

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Cikotok - Cimaja, KM. 05, Warungbanten
Desa : Warungbanten
Kecamatan : Cibeber
Kabupaten : Lebak
Kodepos : 42394
Telepon :
Email : desawarungbanten@gmail.com

 Arsip Artikel

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:153
    Kemarin:215
    Total Pengunjung:149.775
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:100.28.2.72
    Browser:Tidak ditemukan

 Media Sosial